Mancing saat ini tidak lepas dari gaya hidup, dan bahkan banyak yang menjadikan mancing sebagai kebutuhan akan hiburan. Kegiatan mancing yang bisa menarik semua golongan ini menjadi salah satu alasan, kenapa saat ini semakin banyak event lomba mancing.

Pengundian Lapak dan Pemancing

Lomba mancing special kali ini diadakan di Pemancingan Telaga Joglo Teluk Jambe, Karawang. Lomba mancing tersebut merayakan hari ulang tahun PT. Putra Bintang Sembada yang ke-25. Perusahaan yang berkantor di Jati Mulya, Bekasi  ini bergerak dibidang Kontraktor, penyewaan alat berat, truk, dan lain sebagainya. Perusahaan ini berdiri 29 Juli 1993, perayaan baru bisa diadakan bulan September, karena bentrok dengan kegiatan-kegiatan utama perusahaan yang padat. Lomba mancing kali ini adalah salah satu rangkaian dari berbagai acara untuk memeriahkan dan memperingati hari ulang tahun perusahaan tersebut. Lomba mancing tersebut diadakan pada 2 September 2018. Lomba pada awalnya direncanakan dimulai pukul 12.00 WIB namun terpaksa mundur waktu pelaksanaan dikarenakan banyak pemancing yang belum hadir karena terkena macet.

Suasana Lomba HUT Ke-25 PT. PBS

PT. Putra Bintang Sembada merupakan salah satu perusahaan milik Pak H. Sarman yang juga pemilik pemancingan Telaga Joglo Teluk Jambe. Pak Sarman menjelaskan bahwa nama Putra Bintang Sembada dipilih sebagai nama perusahaan karena nama tersebut pemberian kakak dari H. Sarman.

Dia menuturkan bahwa banyak sekali suka duka selama 25 tahun berdirinya PT Putra Sembada. ”Lumayan berat segala aral dan rintangan yang dihadapi PT PBS, namun dengan modal berani, kerja keras, serta kejujuran semua bisa dilalui. Modal usaha awal itu tidak ada sama sekali, semua hanya berani dan jujur. Tidak mulus perjalanan. Yang menipu banyak, dan itu hal biasa, kedepannya harus hati-hati. Yang penting harus jujur adalah modal utama”, begitu penjelasan Pak Sarman menjelaskan secara singkat suka duka  PT PBS.

Lomba berlangsung meriah dan seru

Beberapa rangkaian acara dibuat untuk memeriahkan HUT PBS. Salah satunya diadakan acara syukuran bersama karyawan, doa Bersama, dan lomba mancing. ”karena 25 tahun bukan waktu yang sedikit, PT PBS bisa seperti saat ini karena karyawan, segala rangkaian acara, hadiah dan sebagainya, sebagai rasa syukur dan ucapan terima kasih atas loyalitas karyawan” begitu penjelasan Pak Sarman.

”lagipula sebagian besar peserta lomba adalah para owner dan rekanan PT PBS, pemancing galatama professional ada beberapa saja. Kenapa jadi lomba mancing yang diadakan, biar mereka bisa merasakan bagaimana enaknya mancing”, begitu tambah H. Sarman

Pembagian hadiah doorprize

Pak Sarman menyampaikan bahwa ”Motivasi yang ingin disampaikan ke semua karyawan, rekanan, dan pemancing, adalah kejujuran, kita harus tambah maju, tambah optimis, dan semakin loyal.” Begitu katanya.

Lomba mancing akbar ini dibanderol dengan tiket lengkap Rp. 16.000.000. Lomba berlangsung meriah dan seru. Keseruan terjadi bukan hanya karena tingkat kompetitif yang tinggi antar para pemancing, tapi juga karena banyak doorprize dan juga candaan- candaan yang spontan membuat suasana riuh dan tidak tegang. Doorprize berupa 9 kaos eksekutif, dan 4 televisi, selain itu peserta mendapat hadiah dari sponsor.  

Peserta yang mengikuti lomba dibatasi hanya 40 lapak dan semua lapak terisi penuh. Sebagian besar lapak diisi dari mitra dan owner rekanan PT. PBS, sisanya adalah peserta galatama professional. Ada juga acara potong kue, syukuran, doa Bersama pada hari sebelumnya, serta bagi-bagi hadiah ke karyawan yang dihadiri sekitar 700 karyawan.

Lomba akbar ini melakukan persiapan selama 1 bulan, dan selama 2 hari sebelum lomba diliburkan. Hal ini dilakukan untuk penambahan ikan super dan perawatan kolam. Seperti biasa, untuk lomba-lomba atau even besar ada penambahan ikan super, sebagian besar ikan super diturunkan dalam kolam. Pada lomba saat itu ikan paling berat berukuran 14 Kg sebanyak 3 ekor, 13 Kg 6 ekor.

Panitia Lomba Telaga Joglo

Lomba juga didukung oleh sponsor PT. Putra Bintang Sembada, PT. Putra Bintang Prapastyo, Gudang garam Merah, Le’minerale, The Pucuk Harum, Swiss-bellinn Karawang, Dilham Racing, PT SAT, dan PT SEU.  Aturan yang digunakan masih sama seperti aturan lomba biasa ada di Pemancingan Telaga Joglo, hanya ada satu aturan yang ditiadakan untuk hari ini yakni untuk larangan melempar jarak 3 m diperbolehkan.

Pak H. Sarman menyerahkan Trophy Juara I ke Singo Edan

Hadiah lomba cukup besar dan banyak, yakni ada 7 kategori juara utama yang terdiri juara induk 1 hingga 5, Juara 6 dan 7 point 7 Kg up utara dan selatan, serta kategori juara ekstra merah dan ekstra hitam dan SS.

Para Juara HUT Ke-25 PT .PBS

Para Juara :

  1. Singo Edan Lapak 39 berat ikan 12,7 kg
  2. SAT Lapak 18 berat ikan 12,5 Kg
  3. Pancasona Lapak 03 berat ikan 11,95 kg
  4. Raisa Meli lapak 12 Berat Ikan 11,45 kg
  5. Qiu-Qiu lapak 21 berat ikan 10,9 kg
  6. Point 7 kg up Utara didapat Raisha Lapak 12 dan Bang Beno Lapak 16 sebanyak 16 ekor
  7. Point 7 kg up Selatan didapat Singo Edan lapak 39 sebanyak 14 ekor.

*FORTUNA

invisible hit counter