Bagi para Hobi Mancing di Jabodetabek, apalagi pencinta mancing Bandeng,  mungkin merasa sulit untuk mencari tempat mancing ikan Bandeng. Karena ikan bandeng tidak bisa hidup di air tawar, harus di air payau ( asin ), maka mungkin akan sangat susah mencarinya. Dan saat ini ada di daerah Jalan Pulau Cangkir, Kelurahan Kronjo, Kecamtan Krojo Tangerang, namanya pemancingan Hawaii.

     Bagi mereka yang ingin merasakan sejuknya hembusan angin laut yang konon sangat berguna bagi kesehatan, terutama bagi mereka yang mengalami  gangguan sesak pernafasan, maka lokasi ini sangat cocok menjadi lokasi mancing sambil menikmati ikan bandeng bakar. Di pemancingan ini tersedia tempat mancing untuk kiloan maupun untuk mancing lomba.

Pemancingan Hawaii terdiri dari kolam kiloan dan lomba

    Pemancingan ini memiliki areal yang cukup luas, dilengkapi dengan saung yang rapi untuk tempat beristirahat, kantin,  musholla, dan juga tempat parkir yang nyaman.  Areal yang yang memiliki luas 13 ha itu, sebagian dimanfaatkan untuk kolam pemancingan dan sebagian lagi  untuk tambak udang. Pemancingan untuk kiloan sudah ditata dengan baik, dilengkapi dengan saung, kursi-kursi dan meja meja. Tapi untuk kolam lomba masih terbuka.

   Menurut pemiliknya, untuk kolam lomba ikan yang tersedia adalah ukuran 1 kg ke atas sampai 2, 5 kg.  Jadi kalau ikannya sudah besar, maka perlawanan ikan  sangat kuat.

Pemancingan Hawaaii dengan berbagai fasilitas, diantaranya saung yang nyaman

Sensasi Mancing Bandeng

       Bagi para Hobi mancing,  yang ingin merasakan sensasi mancing Bandeng, mungkin sudah banyak yang tahu, dan bagaimana nikmatnya mancing bandeng.  Ketika pancing “strike” ikan akan kabur ke sana ke mari dengan kencangnya,  memberikan perlawanan yang dahsyat sehingga pertarungan saat mancing sangat seru.

      Dan ketika kita mencoba untuk melakukan perlawanan, dan menahan perlawanan ikan, maka ikan akan berusaha meloncat ke udara. Perilaku seperti ini mirip dengan perilaku ikan Marlin yang menjadi favorit pemancing laut.  Perilaku perlawanan ikan bandeng saat dipancing tersebut akan terus berlangsung berkali-kali, bertahan lama  dan membuat pemancing harus membutuhkan keahlian dan stamina yang cukup untuk menaklukkan ikan. Demikian juga peralatan pancing harus yang betul-betul kuat.

Ikan Bandeng sangat liar dan kuat saat berusaha melepaskan diri dari kail

     Perlawanan ikan Bandeng  sangat beda dengan ikan Mas, memang belum ada yang bisa memberikan ukuran yang pasti, tapi dari pengalaman mancing, kalau ikan bandeng 1 kg perlawanannya bisa hampir menyamai 6 atau 8 kg ikan mas. Tapi karakter perlawanannya sangat bertolak belakang.

    Kalau dilihat dari karakter agresifitasnya ketika saat dipancing. Maka ikan mas biasanya, dia hanya melakukan perlawanan lari kiri atau ke kanan atau mengendap ke bawah, ikan tidak melakukan perlawanan meloncat. Tapi kalau ikan Bandeng, dia akan memberikan perlawanan yang  gencar, dan sering meloncat ke udara.

    Perlawanan seperti inilah yang sangat diidam-idamkan para pemancing. Sensasi strike akan membuat andrenalin mengalir dan kepuasan memancing tersalurkan. Anda ingin merasakannya, silahkan mencoba.

Pemancingan Hawaii

Pemancingan ini awalnya adalah tambak udang. Cerahnya potensi tambak udang ketika itu, membuat pemiliknya mengerahkan semua kekuatan untuk bergelut dalam usaha tambak udang. Karena seriusnya menekuni tambak uang tersebut dia sempat memiliki 39 ha tambak udang yang sebagian lagi disewa.

Kolam Lomba diisi dengan ikan bandeng super

Pasang surut tambak udang, membuatnya melirik tambak kerapu yang sempat booming. Namun belakangan ini tambak kerapu kemudian dibom oleh munculnya ikan Risca sejenis kerapu yang harganya lebih murah sementara mutunya hampir sama, sehingga tambak ikan kerapu pun hancur.

Belajar dari pengalaman tersebut dia mulai mengelola tambak ikan bandeng. Yang kemudian dijadikannya jadi tempat pemancingan. Baik kiloan maupun untuk lomba. Tapi belakangan kolam lomba kurang energi untuk menjalankannya karena kekurangan sdm yang bisa mengelola pemancingan tersebut.

Jadi yang berjalan pada umumnya yakni Hari Sabtu dan Minggu dan pada hari-hari libur adalah mancing kiloan. Tapi pemiliknya melihat bahwa peluang untuk mancing bandeng ini memiliki peluang cerah dan masa depan, sehingga dia merencanakan akan kembali membuka kolam lomba bandeng.

Salah satu ikan bandeng yang berhasil dipancing hanya dengan 15 menit

Untuk itu dia sudah mempesiapkan ikan-ikan bandeng ukuran jumbo yang bobotnya minimal 1,5 kg dan yang paling besar 3 kg.

Lomba akan dimulai hari Rabu, Kamis, jumat, Sabtu dan Minggu. Sementaraa untuk mancing kiloan setiap saat buka. Silahkan mencoba.

Tehnik Mancing Bandeng.

Mancing Bandeng ssebnanya tidak begitu sulit kalau mengerti karakter ikan ini. Pertama yang harus dilakukan adalah mengupayakan ikan tidak takut. Karena ikan bandeng sangat sensitip terhadap gerakan dan suara.

Oleh karena itu ikan bandeng cenderung jauh dari lapak. Dan untuk mancingnya pun harus jauh melemparnya. Setelah pancing dilempar usahakan jangan membuat pancing grasak grusuk. Karena ikan akan pergi menjauhi pancing.

Bapak Afuk

Umpan untuk mancing bandeng adalah pelet apung. Pelet dimasukkan ke mata pancing, dimana rangkaian mata pancing adalah maksimal 3.  Supaya ikan tidak menderita ketika strike. Dimana mata pancing akan melilit di tubuh ikan dan membuat ikan bisa mati.

Memancing bandeng harus menggunakan pelampung. Hal ini agar kita bisa mengamati gerakan umpan ketika disambar ikan. Pelampung yang biasa digunakan adalah pelampung yang bulat besar sebesar bola golf.

Rangkaian peralatan pancing harus yang kuat dan kokoh, karena ikan memiliki kekuatan yang luar biasa seperti ikan di laut. Jadi jangan anggap sepele.

Ketika memancing bandeng tidak boleh memberi kesempatan tali pancing kendor pada saat strike. Apabila kendor, ikan akan berupaya melepaskan diri dengan memutar badan terbalik.

Dan ikan yang sudah terpancing pada hari itu, sangat tidak mungkin bisa dipancing kembali, karena dia sangat takut dan gampang stress. Oleh karena itu pula ikan bandeng tidak boleh berlama-lama ditahan di darat setelah terpancing karena ikannya gampang mati.

Untuk pemancing yang belum memiliki perangkat pancing Pemancingan Hawaii telah mempersiapkannya untuk di sewa. Selamat mencoba mancing bandeng di Pemancingan Hawaii, Tangerang. FORTUNA****

invisible hit counter