Animo yang bagus akan lomba berkelanjutan membuat banyak pemancingan menerapkannya. Sistem lomba ini terlihat dapat mengatasi kekosongan yang dihadapi para pemancingan saat ini. Pemancingan Telaga Harapan Indah juga melihat peluang itu. Pemancingan Telaga Harapan Indah yang berlokasi di Perumahan Harapan indah, Bekasi, Jawa Barat, ini telah menjalankan 3 kali Final Lomba Rally. Karena mempunyai daya tarik yang tinggi, membuat Pemancingan Telaga Harapan Indah akan terus mengadakan lomba rally. Lomba seleksi untuk mencari tiket final selalu diadakan setiap hari selasa, jumat, mulai pukul 19.00 WIB, serta minggu mulai pukul 18.00 WIB. Lomba seleksi ini diadakan selama 16 kali, dengan tiket utama Rp. 300.000/Lomba. Setiap lomba memilih 3 juara induk terberat untuk masuk dalam lomba final. Total 48 peserta dalam final. Final lomba rally II ini diadakan pada tanggal 25 November 2017 mulai pukul 18.00 WIB dan berakhir pukul 22.00 WIB. Waktu yang digunakan Lomba seleksi dan lomba final, sama-sama berdurasi 4 jam.

Final Lomba Rally Tahap II Pemancingan Telaga Harapan Indah

Peserta yang ikut dalam lomba final, sebagian besar berdomisili Bekasi, dan Jakarta. Hasil lomba seleksi, didapatlah 48 lapak. Keseluruhan lapak bertanding memperebutkan 5 kategori juara, yakni posisi 1 sampai dengan 3 merupakan juara induk terberat, dan posisi 4 adalah Total Poin, serta 5 adalah Total terberat.

Setelah 16 kali seleksi, pemancingan melakukan jeda hingga 1 minggu lebih untuk pelaksanaan final bahkan kurang, tergantung waktu yang tepat. Para peserta yang sudah mendapat di tiket final akan langsung dikabari melalui sms dan telepon.

Berdasarkan penuturan Nanang selaku panitia lomba, banyak peserta yang mendapat tiket final lebih dari 1, bahkan ada yang mendapat 5 tiket (sijulupapat). Melihat peluang akan tinggi, banyak juga peserta memakai seluruh lapak. Namun tidak sedikit juga yang menjual tiket final. Beredar info bahwa tiket final tersebut dihargai 1,5 juta.

Rp 300.000 bisa dapat motor

Nanang menuturkan penambahan jumlah harga tiket, mengikuti jumlah hadiah yang diberikan. Pada lomba rally pertama, tiket utama yang dikenakan Rp. 250.000, kini tiket utama Rp. 300.000, jika peserta ikut ekstra C Hitam dan C merah (C hitam 2 x Rp. 50.000, C merah 2 x Rp. 50.000) menjadi Rp. 500.000, jika ikut tiket SS jadi 700.000. Sebagai informasi kepada para pembaca, tiket ekstra adalah tidak wajib. Berdasarkan penuturan Nanang, peserta yang ikut dalam lomba final rally II ini sebagian besar ikut tiket ekstra.

Pemancingan Telaga Harapan Indah menawarkan banyak pilihan kepada pemancing setianya. Selain lomba rally, pemancingan ini juga menerapkan lomba berbonus dengan tiket 150.000, C hitam Rp. 50.000 dan C merah  Rp. 50.000. Uniknya lomba ini adalah dengan minimal 6 peserta, maka juara induk pertama akan mendapat 1 tiket mancing gratis untuk mancing selanjutnya, untuk jumlah peserta diatas 16 sampai 30, juara yang mendapat tiket gratis adalah 2 induk terberat. Untuk peserta dengan jumlah diatas 31 hingga 48, maka 3 induk terberat mancing gratis. Lomba ini selalu diadakan pada senin, rabu, dan  sabtu.

Bapak Khaidir

Animo pemancing atas lomba rally ini sangat bagus. Nanang menuturkan bahwa setiap lomba seleksi, lapak selalu penuh. Ketika ditanya apakah ada keluhan dari pemancing masalah harga tiket, dia menjelaskan bahwa tidak ada komplain dari peserta dan pemancing.

Untuk mendukung lomba ini, salah satunya adalah penambahan ikan. Namun penambahan ikan sudah dilakukan secara rutin oleh pemancingan Telaga Harapan Indah, tidak harus selalu ada lomba baru ditambah, karena sudah menjadi agenda. Khusus lomba final lomba rally II ini ada penambahan ikan induk sebanyak 10 ekor, ukuran 8-10 kg. Ikan terberat di Telaga Harapan Indah saat ini berukuran 12 Kg. Sebagian besar ikan yang ada di kolam Telaga harapan Indah adalah Ikan banten.

Bapak Ali

Hadiah untuk juara kali ini tergolong menarik, karena lomba dengan tiket Rp. 300.000 bisa mendapat 3 sepeda motor. Besarnya hadiah tentu menarik minat yang tinggi. Pemancing yang berhasil mendapat hadiah motor tidak lagi dikenai pajak, karena pajak sudah ditanggung pengelola. Jika pemancing jeli, pasti akan hitung-hitungan mengenai tiket Rp. 300.000 tapi bisa berpeluang dapat 3 hadiah motor, begitu penjelasan H.Rusli pada waktu yang berbeda. Ia menjelaskan untuk tambahan hadiah motor ini, pemilik sengaja merogoh kocek dari kantung sendiri, karena kalau hanya mengandalkan tiket Rp. 300.000 tentu tidak akan dapat 3 buah sepeda motor, begitu penjelasannya. Sebagian besar hadiah berupa sepeda motor diambil, tidak diuangkan, tapi motor bisa diuangkan (diambil dalam bentuk uang).

Ketika ditanya apakah dalam waktu dekat akan mengadakan lomba dengan tiket besar, Nanang menuturkan bahwa untuk sekarang ini hanya lomba rally dan lomba berbonus. Memang ada rencana lomba besar, tapi belum ditentukan kapan waktunya, karena masih direncanakan, begitu jawabnya.

Panitia Lomba Nanang (duduk)

Jika dibandingkan antara lomba rally dan lomba berbonus atau harian, animo untuk harian agak kurang, tapi untuk lomba rally sangat bagus, jawab Nanang

Lomba rally keempat sudah berlanjut bahkan ketika berita ini diturunkan sudah melangsungkan final lomba rally III. Ketika ditanya bagaimana agar pemancing tak ketinggalan info, biasanya pengelola sudah ada nomor-nomor telepon seluler pemancing langganan, ketika akan ada lomba, pemancing akan dikabari melalui sms namun sebagian besar pemancing langganan sudah mengetahui lomba dan jadwal

Keseluruhan lomba yang dilaksanakan Pemancingan Telaga Harapan Indah, menggunakan aturan galatama pada umumnya. Menurut Nanang sebagian besar pemancing masih suka aturan seperti itu, bukan sistem sah-sahan. Walaupun sebagian besar sudah mengetahui sistem sah-sahan.

Peserta sangat antusias untuk ikut lomba rally

Walaupun sudah mendapat tiket final, tetap saja lapak dilakukan pengundian ketika akan dimulai, sehingga para peserta harus wajib daftar ulang. Meskipun sebagian besar peserta telah mengetahui aturan yang ada, panitia akan tetap mensiarkan peraturan lomba sejak awal.

Nama-nama juara Tahap II :

  1. Raja Jablay dengan berat ikan 9,85 Kg mendapat hadiah sebuah sepeda motor Honda vario
  2. Raja empang dengan berat ikan 9,75 Kg mendapat hadiah sebuah sepeda motor Honda Beat
  3. Anda pasti beruntung berat ikan 9,7 Kg mendapat hadiah sebuah sepeda motor Honda Revo.

Juara Tahap III :

  1. Bunga desa dengan berat ikan 9,95 Kg
  2. Can Ci Men dengan berat ikan 9,65 Kg
  3. Stepani dengan berat ikan 9,45 Kg

FORTUNA****

invisible hit counter